Menu Close

Kesenian Musik Jepang Yang Didongkrak Dari Alat Musik Tradisional

Di setiap negara pasti memiliki banyak sekali kesenian musik dengan berbagai macam alat yang membantu musik tersebut bisa tercipta dengan sangat baik. Dari adanya alat musik ini tentu saja akan menyokong keindahan dari musik yang dihasilkan. Salah satunya yang akan kita bahas mengenai seni musik yang ada di Jepang. Nah musik tradisional Jepang ini selalu dikaitkan dengan erat bersamaan dengan adanya tarian yang berbeda-beda. Seperti pertunjukan Kabuki dan juga berbagai instrumen musik Jepang yang lainnya.

Jika nantinya kalian ingin pergi ke Jepang, maka kalian harus terlebih dahulu mengenai beberapa musik yang ada. Semisal nanti kalian saat berada di Jepang, akan pergi ke kuil, lalu ke kelenteng, dan beberapa festival budaya yang dihadirkan di Jepang maka kalian bisa melihat banyak sekali alat musik tradisional yang dimainkan langsung oleh musisi dan juga memamerkan adanya gaya musik tradisional yang masih menjadi praktik umum yang dilakukan di Jepang pada era modern ini.

Maka dari itu, kita akan beritahukan beberapa alat musik tradisional yang paling terkenal di Jepang, dan memang sangat mendukung sebagai salah satu alat yang selalu dimainkan pada kesenian musik tradisional ini.

Beberapa apa alat musik Jepang tradisional

#1 Instrumen alat musik Shamisen

untuk pertama kali yang bisa kalian kenali di Jepang adalah instrumen shamisen. dimana shamisen ini sendiri menjadi salah satu instrumen tradisional yang sangat amat mirip dengan instrumen lainnya seperti biola. Namun, kedua alat ini memiliki beda satu sama lain. Untuk alat musik shamisen memiliki leher yang panjang serta panjangnya itu kisaran 1 m. Alat ini pun memiliki 3 senar dan juga biasanya akan kalian jumpai di acara musik tradisional serta festival Jepang.

Alat ini sendiri mirip dengan alat menggesek biola, adanya tongkat kayu yang sering dikenal dengan batchi yang memang dikhususkan untuk memainkan instrumen shamisen ini. Melihat dari sejarahnya instrumen shamisen lebih banyak digunakan pada pertunjukan Kabuki. Dikarenakan tadi memiliki leher yang panjang, maka bisa menghasilkan suara yang panjang serta lincah yang memang dibutuhkan sekali Bagi lagu-lagu yang bergaya kan Kabuki. Selain digunakan dalam pertunjukan Kabuki, instrumen ini juga digunakan pada pertunjukan boneka serta lagu rakyat.

Dan terdengar kabar samisen sendiri sudah digunakan di beberapa musik modern pada era ini. Salah satunya adalah grup musik asal Jepang yang sangat populer adalah babymetal titik di mana grup ini benar-benar menggunakan shamisen pada pertunjukan dan juga video musik mereka. tak hanya itu sesekali pun alat musik ini juga telah digunakan oleh para seniman barat untuk menciptakan sebuah musik yang enak didengarkan.

#2 Instrumen alat musik Shakuhachi

selanjutnya ada juga alat musik yang biasanya digunakan untuk memainkan lagu-lagu musik tradisional di Jepang. shakuhachi sendiri adalah seruling bambu yang dibuat dengan kepemilikan 5 lubang dari setiap serulingnya. Awalnya alat musik ini sudah dikenalkan ke Jepang dari negara Cina, alat ini sendiri sangat populer di zaman Edo. mengenai instrumen yang sendiri sangat bervariasi mulai dari ukuran serta memiliki nada-nada serbaguna yang memungkinkan para pemainnya bisa membuat berbagai macam irama melalui instrumen yang satu ini.

instrumen ini pun juga terdengar sangat amat indah secara tradisional dan seringkali digunakannya oleh para biara Buddha Zen dan juga dipandang sebagai alat spiritual oleh orang-orang sana. bermain alat musik Ini bisa juga dipandang sebagai suatu latihan untuk kalian bermeditasi dikarenakan benar-benar fokus pada teknik pernapasan yang sangat lembut dan berirama.

Setelah adanya restorasi meiji, shakuhachi ini lebih banyak untuk dimainkan serta ditampilkan pada acara Kabuki dan juga beberapa pertunjukan tarian lainnya sebagai musik latarnya. dan pada saat ini alat musiknya sendiri sudah ditampilkan di beberapa acara yang sangat modern serta bisa didengar dalam film-film yang sudah terkenal antara lain: pada film Jurassic Park, The last samurai, ada memories Of a Geisha serta braveheart.

Memang tak salah instrumen ini sangat menyenangkan dan juga indah makanya sampai saat ini pun instrumen ini masih populer mendukung Citra musik tradisional Jepang menjadi semakin baik lagi.

#3 Instrumen alat musik Koto

Kenali instrumen selanjutnya di mana alat musik ini dinamai dengan Koto. ini memang menjadi salah satu instrumen nasional Jepang yakni instrumen yang paling besar diantara alat-alat musik tradisional Jepang, dengan memiliki kurang lebih panjang sekitar 180 cm dengan lebarnya sendiri 20 cm. alat musik ini sendiri terdiri dari 13 senar instrumen kayu yang dimainkannya dengan cara dipetik melalui jari jari tangan kanan kalian. Dari jari jempol, ada jari telunjuk dan juga menggunakan jari tengah yang memang dilengkapi langsung dengan alat pemetik senar khusus yang disebut dengan “tsume”. sedangkan string di bagian tangan kiri itu digunakan untuk mengatur suara dengan cara menekan senarnya ya mirip-mirip dengan memainkan gitar.

instrumen koto jika dilihat secara historis memang sering kali dimainkan oleh musisi yang mengalami kebutaan dikarenakan kemudahannya saat bermain alat musik ini serta bisa mempertahankan kepopularitasan nya sampai zaman modern saat ini. Jepang sendiri benar-benar masih membanggakan instrumen koto sampai detik ini dengan adanya banyak musisi yang menjadikan foto master dan tampil di beberapa acara tradisional.

Koto ini pun juga sangat amat populer di kalangan seniman Rock psychedelic internasional yang lahir tahun 1960 an dan juga 1970 an, dengan menampilkan lagu-lagu oleh The rolling Stones serta David Bowie yang menampilkan lagu-lagu artis papan atas rap Dr. Dre.

#4 Instrumen alat musik Wadaiko

ini menjadi salah satu instrumen musik yang mirip mirip dengan salah satu instrumen musik yang ada di Indonesia. di Jepang sendiri wadaiko terkenal juga dengan sebutan taiko yakni adalah drum tradisional Jepang yang sangat amat dicintai oleh masyarakat di sana. instrumen ini sendiri telah banyak digunakan secara garis besarnya melalui sebuah historis dalam prosesi militer serta peperangan, seperti sebuah alat komunikasi, teater dan juga upacara keagamaan yang ada.

Kenapa Mimin bilang mirip dengan instrumen yang ada di Indonesia, karena alat ini sendiri berbentuk seperti bedug dan juga diisi dengan berbagai macam ukuran dan bahan-bahan yang berbeda. ada yang ukurannya terlalu besar dan di gerakannya hanya diletakkan di tempat saja seperti kuil yang menjadi tempat suci. Dan untuk ukuran kecil bisa untuk diangkat dan juga dimainkan di mana saja.

bagi kalian yang sudah datang ke Jepang ingin melihat instrumen musik ini sendiri Bisa langsung kalian datang ke beberapa parade serta festival, yang dimana ini juga digunakan pada acara gerakan politik sosial dan juga protes-protes lainnya terutama sekali bagi kelompok kelompok minoritas yang ada di Jepang.

#5 Instrumen alat musik Biwa

Di bawah ini adalah kecapinya orang-orang Jepang dengan memiliki leher yang pendek dan dimainkannya tetap menggunakan batchi. Alat musik ini telah digunakan dalam menemani musik istana tradisional Jepang atau gagaku dan mereka pemainnya juga disebut dengan instrumen solo. Biwa ini sendiri sudah dianggap sebagai salah satu instrumen pilihan Benten , yakni seorang Dewi musik di dalam kepercayaan agama Shinto dan juga sangat banyak digunakan hingga zaman zaman restorasi meiji dulu titik mengalami adanya masa kemunduran para seniman Jepang pun saat ini berusaha untuk menghidupkan kembali alat musik biwa ke dalam musik musik tradisional yang ada di Jepang.

dan hal ini pun terjadi pada saat ini bisa Kalian dengar alat musiknya di lagu-lagu j-pop dan juga di beberapa film Jepang. Bentukan dari alat musik ini lucu dan memiliki suara yang unik. memungkinkan sekali kalian bisa menemukannya di beberapa acara musik tradisional di Jepang.