Menu Close

Band Rock Jepang Yang Terpopuler

Band rock Jepang menjadi salah satu dari sebuah ujung tombak popularitas dari J-Pop ada di dunia internasional. Musik-musik mereka digemari oleh berbagai kalangan, tidak hanya di Asia saja, namun juga di Eropa dan juga di Amerika Serikat. Beberapa band bahkan sudah menandatangani sebuah kontrak eksklusif dengan beberapa label produksi internasional dan juga dengan single mereka yang mampu terjual hingga jutaan keping di dalam seluruh dunia.

Band Rock Jepang Yang Terpopuler

Untuk menjawab sebuah pertanyaan tersebut, di artikel kali ini kami akan menyajikan beberapa band rock yang tidak hanya populer, namun juga mempunyai lagu-lagu yang cukup berkualitas. J-Rock atau yang kita kenal dengan nama Japanese Rock memang sebuah fenomena besar di dalam dunia musik.

Genre ini sendiri dipengaruhi oleh rock Amerika dan juga Inggris pada tahun 1960-an, Band rock dengan nama Happy End hadir pada awal tahun 1970-an dikreditkan sebagai sebuah grub pertama yang menyanyikan musik rock dalam bahasa Jepang. Band punk rock the Blue Hearts dan heavy metal group yang terkenal seperti X Japan, memimpin band rock Jepang yang muncul di akhir 1980-an dan awal 1990-an saat itu mencapai kesuksesan yang besar. image :

X Japan

Merupakan salah satu band heavy metal Jepang dari Chiba, dibentuk pada tahun 1982 oleh drummernya Yoshiki dan vokalis Toshi. Grub ini juga dikenal secara luas sebagai salah satu dari pelopor visual kei, X Japan sendiri telah merilis lima album studio, enam album live, dan juga 21 single. Pada tahun 2003, HMV Jepang memasukan band tersebut berada di urutan ke 40 dalam daftar mereka, sebagai 100 musisi Jepang yang paling berpengaruh.

Pada tahun 2007, Rolling Stone Japan juga berhasil memberi peringkat Blue Blood peringkat ke 15 pada daftar 100 Album Rock Jepang terbaik yang ada sepanjang masa. Pada tahun 2017, Loudwire menamakan X Japan sebagai sebuah Metal Band Terbaik dari Jepang. Telah dikabarkan juga X Japan telah menjual lebih dari 30 juta rekaman milik mereka.

Gazette

The Gazette, awalnya sangat dikenal sebagai Gazette (ガ ゼ ッ ト Gazetto), adalah salah satu band rock visual kei Jepang dari Kanagawa yang dibentuk yaitu pada awal tahun 2002. Band ini sendiri telah masuk menjadi salah satu bagian dari label Sony Music Records. Beranggotakan lima orang personil, hingga pada saat ini The Gazette masih dianggap sebagai salah satu dari band rock Jepang yang terbaik.

Grup musik yang satu ini juga didirikan pada tahun 2002 dan telah merilis berbagai lagu yang merajai berbagai music yang ada di chart Jepang. Walaupun sangat sulit untuk mencapai popularitas di tahun-tahun pertamanya, Gazette saat ini menjadi salah satu dari grup rock terlaris yang ada di dalam sejarah JPop.Sepanjang karirnya, The Gazette hanya pernah mengalami satu kali dari pergantian personil. Kala itu, Yune yang berperan sebagai seorang drummer keluar.

L’Arc-en-Ciel

L’Arc-en-Ciel adalah band rock Jepang, yang didirikan di Osaka pada tahun 1991. Dan dilaporkan sudah menyelesaikan 40 juta rekaman yang telah terjual. Mereka adalah grup musik Jepang pertama yang juga berhasil tampil di Madison Square Garden. Grup band ini telah mencapai puncak ketenarannya yaitu pada tahun 1998 ketika singlenya yang berjudul “Winter Falls” berhasil meraih sebuah posisi pertama yang ada di dalam tangga lagu Oricon.

Setahun kemudian, mereka kemudian merilis album lainya yang berjudul “Ark” dan “Ray” yang tidak hanya dirilis di Jepang saja, namun juga di dunia internasional. Sempat mengalami sebuah hiatus dari tahun 2001 hingga tahun 2003, L’Arc-en-Ciel melakukan comeback di tahun 2004 dengan melakukan sebuah konser keliling Amerika Serikat. Konser tersebut sangat bermanfaat dalam mendongkrak popularitas mereka pada saat itu, menjadikan L’Arc-en-Ciel menjadi salah satu dari band rock Jepang terbaik sepanjang masa.

Girugamesh

Girugamesh adalah band rock visual kei Jepang, yang dibentuk yaitu pada tahun 2003. Namun sayangnya mereka telah bubar pada tanggal 10 Juli 2016. Girugamesh merupakan kelompok yang mengusung aliran Nu Metal. Grup ini menyajikan banyak lagu-lagu dengan nuansa keras. Saat ini, Girugamesh beranggotakan empat orang personil dan juga memiliki sebuah fans dari seluruh penjuru dunia. Band ini dipimpin oleh Shu, seorang bassis yang juga sudah aktif bermusik sejak dirinya masih SMA.

Girugamesh telah berhasil mencapai popularitas tertingginya yaitu pada tahun 2007 melalui albumnya yang berjudul “Reason of Crying.” Album ini mendapat sebuah sambutan yang sangat positif, terutama dari para pecinta musik rock yang ada dari Eropa. Sejak saat itulah grup band ini kemudian sering diundang untuk menghadiri berbagai macam konser rock internasional.

Alice Nine (A9)

A9, sebelumnya juga dikenal sebagai Alice Nine adalah band rock visual kei Jepang yang dibentuk di Tokyo yaitu pada tahun 2004. A9 adalah bagian dari PS Company hingga pada tahun 2014. Pada tahun 2013, mereka kemudian bergabung dengan Nayutawave Records Universal Music Group. Kelompok ini juga telah berhasil merilis enam rekaman, beberapa yang ada di antarnaya didistribusikan di Eropa oleh CLJ Records, bersama dengan beberapa produk lainnya seperti halnya EPs, single, dan DVD. Pada tahun 2015, mereka menyingkat nama grub mereka menjadi A9. Saat ini, Alice Nine beranggotakan lima orang personil yaitu : Shou, Hirota, Tora, Saga, dan juga Nao.

Mereka mengawali performance-nya di berbagai kafe kecil hingga pada akhirnya mampu menarik perhatian dari sebuah label major, PS Company dan King Records. Alice Nine mulai dikenal secara nasional yaitu pada tahun 2007 melalui single mereka yang berjudul “Jewels.” Seiring dengan berjalannya waktu, Alice Nine kemudian mulai menunjukkan kematangannya di dalam gaya bermusik. Tak hanya visual kei rock saja, mereka juga banyak menambahkan unsur heavy metal yang ada di dalam musik-musiknya.

UVERworld

UVERworld adalah sebuah band yang sudah berdiri sejak tahun 2003 dan band tersebut telah beranggotakan lima orang personil. Grup band ini juga sudah memproduksi lebih dari dua puluh single, dan total penjualannya sudah menembus angka lebih dari dua juta kopi di seluruh dunia. Para fans juga menganggap grup band ini mampu menyajikan berbagai macam lagu-lagu rock yang keras namun masih tetap easy listening. UVERworld dipimpin juga oleh sang vokalis, Shimizu Takuya. Selain sebagai vokalis utama di band tersebut, Takuya juga sering melakukan rapping dan kemudian menjadi programer lagu-lagu band tersebut. Kekuatan vokal Takuya inilah yang kemudian dianggap menjadi daya tarik utama bagi band UVERworld.

Versailles

Keras namun elegan. Versailles adalah sebuah band visual kei Jepang yang memiliki banyak fans yang ada di seluruh dunia. Banyak pengamat yang juga menilai bahwa grup band yang satu ini memiliki gaya yang berbeda dengan kebanyakan grup musik rock J-Pop. Band ini membawakan berbagai macam lagu-lagu mereka dengan sangat kreatif, baik dari segi musikalisasi hingga dengan penyajian video klipnya.

Demikian itulah beberapa band Jepang legendaris yang pernah merajai musik di dunia. Musik J-pop pernah sampai ke masa keemasan mereka, band-band di atas adalah band yang lagunya hingga kini masih disukai oleh para penggemarnya di seluruh dunia, termasuk juga dengan indonesia.